Mendikbud Lihat, Ini Ketentuan Masuk SMP, SMA, Serta SMK Pada PPDB 2020

Mendikbud Lihat, Ini Ketentuan Masuk SMP, SMA, Serta SMK Pada PPDB 2020

Menteri Pendidikan serta Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim pada 10 Desember 2019 sudah keluarkan Permendikbud Nomor 44 Tahun 2019. Ketentuan itu berisi mengenai Penerimaan Peserta Didik Baru ( PPDB) pada TK, SD, SMP, SMA, serta SMK. Diambil dari salinan Permendikbud itu, pada Bab II Klausal 6 ditata mengenai tata langkah PPDB untuk kelas 7 SMP.

Ketentuan masuk SMP

1. Berumur tertinggi 15 tahun pada tanggal 1 Juli tahun berjalan.
2. Mempunyai ijazah SD/sederajat atau dokumen lain yang menerangkan sudah mengakhiri kelas 6 SD.

Ketentuan masuk SMA serta SMK

Untuk Klausal 7, didalamnya mengendalikan kriteria calon peserta didik baru kelas 10 SMA atau SMK. Berikut ketentuannya:
1. Berumur tertinggi 21 tahun pada tanggal 1 Juli tahun berjalan.
2. Mempunyai ijazah SMP/sederajat atau dokumen lain yang menerangkan sudah mengakhiri kelas 9 SMP.
3. Sedang kriteria buat calon siswa SMK dengan bagian ketrampilan, program ketrampilan, atau kompetensi ketrampilan khusus bisa memutuskan penambahan kriteria spesial dalam penerimaan peserta didik baru kelas 10.

Baca juga : Forbes Kembali Nobatkan Angela Merkel Jadi Wanita Paling Punya Pengaruh di Dunia

Ketentuan biasa SMP serta SMA

1. Untuk ketentuan umur harus dibuktikan dengan akta kelahiran atau surat info lahir yang dikeluarkan oleh faksi yang berkuasa serta dilegalisir oleh lurah/kades atau petinggi ditempat lain yang berkuasa sesuai bertempat calon peserta didik.
2. Buat masyarakat negara Indonesia (WNI) atau masyarakat negara asing (WNA) yang ingin daftar PPBD kelas 7 serta 10 dan datang dari sekolah di luar negeri, tidak hanya penuhi kriteria seperti disebut, harus memperoleh surat info dari direktur jenderal yang mengatasi bagian pendidikan fundamen serta menengah.
3. Diluar itu, peserta didik WNA harus ikuti matrikulasi pendidikan Bahasa Indonesia paling singkat 6 bulan yang diadakan oleh sekolah yang berkaitan.
4. Spesial calon peserta didik penyandang disabilitas di sekolah dikecualikan dari ketentuan umur dan ijazah atau dokumen lain. Ini ditata dalam Klausal 10.

2 thoughts on “Mendikbud Lihat, Ini Ketentuan Masuk SMP, SMA, Serta SMK Pada PPDB 2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *